Pandji Pragiwaksono: Tidak Ajak Komika Terkenal dalam Pragiwaksono World Tour 2018


Aktor, penyiar radio, penulis, dan sutradara Pandji Pragiwaksono (38) akan membuat sebuah konser stand up comedy, yang bertajuk Pragiwakson World Tour 2018.

Konser stand up comedy tur dunianya itu akan digelar di sekitar 10 Kota di dunia, yakni Manila (Filipina), Shanghai (Cina), Guangzhu (Cina), Dusseldorf (Jerman), Amsterdam (Belanda), Nuremberg (Jerman), Surabaya, Jogjakarta, Jakarta, dan lainnya.

Rencananya, konser digelar pada Juli 2018 hingga 26 Januari 2019.

Dalam tur dunia itu Pandji akan mengangkat cerita dirinya sejak kecil hingga sukses saat ini.

Ia juga akan mengangkat permasalahan di Indonesia dalam refleksi kehidupan nyata.

Namun, Pandji enggan menggunakan komika terkenal untuk membuka konser dunianya itu yang digelar mulai Juli 2018 mendatang.

Pria kelahiran Singapura, 18 Juni 1979 merasa tidak sopan jika mengajak komika terkenal seperti Ernest Prakasa, Raditya Dika, dan lain-lain untuk menjadi pembuka dalam konsernya itu.

“Pertama saya ngerasa se-level sama mereka. Untuk menjadikan mereka opener itu kurang sopan. Ibarat Glenn Fredly minta Afgansyah Reza jadi opener enggak sopan, walaupun lebih muda. Atau kayak Slank minta Gigi jadi pembuka, enggak sopan kan. Alasan kedua, mereka punya tur sendiri juga, kaya Ernest punya tur sendiri kan,” kata Pandji Pragiwaksono ketika berkunjung ke kantor Redaksi Warta Kota, Palmerah, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/2018).

Alasan lain dikatakan oleh Pandji, dikarenakan ia ingin memberikan kesempatan kepada para komika muda dan bertalenta, yang ingin merasakan kesuksesan dalam bertutur dan menghibur di atas panggung.

“Saya senang memberi kesempatan komika muda yang menurut saya bagus dan semangat mengembangkan karir. Saya ajak nyobain panggung saya. Ini loh kalau kalian berkarir dan serius, lu bisa jadi kayak (gua) begini, bisa tembus luar negeri,” ucapnya.

“Jadi pulang dari opener saya, mereka terpacu mengembangkan karir dan nulis materinya,” tambahnya.

Indra Jegel, Fajar Nugraha, Rigen, Mamat Al Katiri, dan lain-lain akan menjadi pembuka dalam konser tur dunia Pandji.

Mereka siap mengocok perut para penonton dengan komedinya.

“Ada komika lain untuk opener. Di Manila itu ada Indra Jegel (jebolan Suci juara 1). Di Cina, Shanghai dan Guangzo ada Fajar Nugrah, di Eropa ada Rigen. Di Surabaya ada Mamat Al Katiri dari Stand Up Komedian Fakfak Papua. Di Jogja ada Jupri. Di Jakarta belum ditentuin, karena masih milih,” jelasnya.

Selain itu, di luar negeri Pandji akan mengajak komika setempat ikut tampil dalam tur jika ada yang mau ikut berpartisipasi.

“Kalau di kota dan negara itu ada stand up, disuruh jadi opener juga. Kayak waktu itu di Edelight tur kesana, ada namanya mas Jaka alias Mas Jek. Dia tuna netra, tapi dia bisa stand up. Waktu di Berlin ada stand up orang sana. Memang sudah direncanakan sih sebelumnya. Tapi enggak setiap kota yah enggak seperti itu,” ujar Pandji Pragiwaksana.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Pandji Pragiwaksono Tidak Ajak Komika Terkenal dalam Pragiwaksono World Tour 2018, http://wartakota.tribunnews.com/2018/05/18/pandji-pragiwaksono-tidak-ajak-komika-terkenal-dalam-pragiwaksono-world-tour-2018?page=all.
Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Max Agung Pribadi

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: